Kamis, 29 Desember 2011

Program C++ - Menentukan Ganjil atau Genap

 Perkembangan dunia IT secara tidak sadar mendorong diri kita untuk dapat menggunakan bahkan membuat sesuatu di IT. C++ adalah salah satu pemograman yang pertama kali saya pelajari dalam membuat program.
Sekedar sharing saja, ini sedikit coding yang bisa teman-teman sekalian coba dan dapat dikembangankan tentunya.
Ini adalah project C++ untuk program pencarian bilangan ganjil atau genap.

#include
using namespace std;
int main()
{
    int A;
    cout <<"Program Menentukan Angka Ganjil atau Genap" << endl;
    cout <<"=======================================" << endl;
    cout <<"Masukkan Angka = "; cin>>A;
    if (A % 2 == 0)
    {
        cout<< A << " termasuk Bilangan Genap"<
    }
    else
    {
        cout<< A << " termasuk Bilangan Ganjil"<
    }
}

Nah, setelah liat codingya, saya akan jelaskan satu persatu:
1. #Include disini berfungsi sebagai pengarah prepocessor yang digunakan untuk membaca file atau sebagai header file. Iostream merupakan header yang merupakan standar library dari C++. Untuk header banyak sekali sebetulnya, semisal iostream, conio, string, dsb.
2. int main disini berguna sebagai fungsi utama yang harus ada dalam setiap program.  Tanda kurung kurawal "{}" sebagai awalan dan sebagai akhiran dalam menulis coding, baik di fungsi utama maupun di fungsi tambahan.
3. int adalah salah satu tipe data yang digunakan, sebenarnya banyak pilihan untuk tipe data yang bisa temen-temen pakai seperti float (bilangan real), double(bilangan real namun lebih luas), char(karakter), string, dsb. Lalu A, B, C itu berguna untuk nama variabel yang nanti kita panggil dan gunakan.
4. cout berguna untuk mencetak ke layar apa yang sudah kita tulis dan jangan lupa setiap perintah selalu diakhiri dengan ; "titik koma".
5. cin berguna untuk memasukkan data kedalam variabel yang sudah kita buat. Ow yah, untuk cout gunakan "<<" lalu untuk cin menggunakan ">>". Jangan sampai terbalik. Hhe..
6. If disini digunakan untuk mengambil keputusan berdasarkan kondisi. Pilihannya untuk if ada beberapa yaitu if tunggal, if-else, if nested-if.
7. A % 2 == 0, % dibaca mod/modulus, jadi jika kita logikakan maka jika A mempunyai nilai bilangan bulat maka bilangan sisa pembagian A oleh 2. "2" disini juga dapat kita ganti dengan bilangan bulat lain. Nah, jika kondisi aritmatika tersebut terpenuhi maka akan muncul dilayar “termasuk Bilangan Genap” dan apabila kondisi tersebut tidak terpenuhi maka masuk ke else dan muncul dilayar “termasuk Bilangan Ganjil”
8. Ingat: jangan lupa setiap "{" membuka sebuah fungsi maka harus "}" ditutup. Dan jangan lupa menutup setiap perintah dengan ";" titik koma.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar